Sebuah aplikasi future telling yang mengklaim depan memprediksi masa depan kita telah muncul semenjak beberapa bulan ini. Dengan nama ‘Google’ fortunetelling – aplikasi yang memungkinkan kita untuk bertanya tentang apapun mengenai masa depan.

Yang mengejutkan adalah bahwa betagoogle.com bukan milik google. Website ini dibuat sedemikian rupa hingga terlihat identik dengan homepage Google dan juga mengambil logo perusahaan google untuk memikat lebih banyak pengguna dan agar terlihat asli.

Setelah kita mulai mengetik pertanyaan di kotak pencarian, rekomendasi pertanyaan-pertanyaan akan muncul, seperti:

‘Will I be ever united with my family’ (Apakah saya akan bersatu kembali dengan keluarga saya)

‘Will humans ever stop fighting’ (Apakah manusia akan berhenti berperang)

‘Is there a place where they will accept me’ (Apakah ada tempat di mana mereka akan menerima saya)

Setelah kita mengetik pertanyaan, kita harus meng-klik pada ‘predict my future’. Kita akan diarahkan ke halaman di mana kita akan menemukan jawaban. Tapi tidak akan seperti yang kamu harapkan.

Google fortunetelling adalah projek yang bertujuan untuk menciptakan kesadaran tentang 60 juta pengungsi yang tidak yakin akan masa depan mereka. Tentang apakah mereka akan diterima di dunia normal tanpa segala bentuk diskriminasi.

DigiDay, agen komunikasi kreatif BrainMedia yang berbasis di Belanda, telah mengkonfirmasi bahwa mereka bertanggung jawab di balik website ini. Website ini menghubungkan ke halaman donasi dari UNHCR, Badan Pengungsi PBB.

Ribuan pengungsi diperkirakan akan melarikan diri ke Eropa dari negara negara yang dilanda perang. Pengungsi-pengungsi ini berasal seperti Suriah, Afghanistan, Yaman, Irak dan Libya. Mereka tidak mengetahui bagaimana  masa depan yang akan mereka hadapi.

Website ini mendorong pengguna untuk membantu pengungsi dengan memberikan waktu atau uang mereka untuk amal. Disarankan juga agar orang-orang membantu membagikan kampanye ini lewat social media agar menciptakan kesadaran masyarakat.

Mulia dan sangat kreatif!

 

Leave a Reply