Di zaman sekarang, persaingan di dunia kerja semakin ketat. Perusahaan perusahaan besar menginginkan pengalaman kerja bagi karyawannya, maka dari itu ngga jarang sekarang sekarang banyak anak muda yang magang baik ketentuan dari kampus atau kepengenan sendiri. Nah gimana sih cara menjadi anak magang teladan? Sukur sukur kalo kamu dapet tawaran kerja begitu habis lulus nanti, nah LYT kasih tau caranya nih:

  1. Kenalan dengan Karyawan

Sebagai anak baru pasti kamu ngga tau kan pasti dengan nama nama karyawan sana, gimana caranya? Ya kenalan lah, kalo tips dari LYT sih kamu yang ngajak kenalan duluan, jangan nunggu kamu diajak kenalan dulu. Kenapa?Karena sebenernya karyawan sanapun ngga ada masalah kalopun ngga pernah tau nama kamu, toh kamu disana kan untuk membantu pekerjaan mereka dan kamu kerja dengan waktu yang singkat. Sok asik aja, tapi liat sikon juga jangan dia lagi sibuk terus kamu tiba tiba ajak kenalan, nanti kesannya ganggu dan yang paling penting harus smooth biar sok asik kamu ngga keliatan banget tapi bisa tetep asik.

  1. Cepat Beradaptasi

Ini penting banget, dan sebagai makhluk hidup kamu pasti selalu dituntut untuk beradaptasi dari mulai masuk TK, SD, SMP, SMA pokoknya dimanapun kamu ketemu lingkungan baru. Semua orang pasti dan harus beradaptasi kan kalo ngga mau dibilang ansos (anti sosial). Masalahnya seasik apapun kamu di lingkungan kampus kamu, belum tentu kamu asik juga di lingkungan kantor kamu. Apalagi kalo kebanyakan karyawan disana usianya jauh dari kamu, nah kalo kayak gini kamu harus tetep asik tapi sopan. Kamu ngga mau dianggep sebagai anak magang kurang ajar kan sama karyawan sana? Tips dari LYTMedia sih sering sering aja makan siang bareng sama karyawannya atau basa basi tanya karyawannya udah berapa lama kerja disana.

  1. Tanya Kerjaan

Kamu udah kenalan, udah adaptasi juga. Terus selanjutnya apa? KERJA. Tujuan kamu disana kan mau cari pengalaman kerja, kamu juga ngga mau dianggep sebagai anak magang gabut kan? Nah untuk itu kamu juga harus aktif nanya “mas/ mbak saya bisa bantu ngerjain apa ya?” Ya sukur sukur kalo kamu dikasih kerjaan atau kadang juga disuruh foto copy atau nganterin form.

  1. Minta Bantuan

Kalo kamu dikasih kerjaan sama bos kamu atau karyawan sana terus kamu ngga bisa ngerjainnya kamu jangan diem aja, kamu kan dipercaya sama karyawan sana untuk melakukan sesuatu nah mangkanya kalo kamu ngga bisa atau bingung, kamu harus bertanya atau minta bantuan. Tugas kamu kan disana kan sebenernya untuk mempermudah pekerjaan mereka, jadi biasanya sih kamu bakalan dibantuin. Kalo ngga mau gimana? Ya udah cari orang lain yang mau bantuin kamu, kalo kamu udah ngelakuin poin 1 dan 2 dengan baik pasti ada lah yang mau bantuin kamu.

  1. Kerjain Tugas Kamu dengan Baik

Ibaratnya kan kamu udah dipercayakan sama bos/karyawan kamu untuk ngerjain suatu kerjaan nih, walaupun kamu sebagai anak magang kamu harus ngerjain tugas kamu itu dengan baik jangan asal asalan, biarpun kamu ngga digaji sekalipun. Kalo kamu ngerjain tugas kamu dengan baik walaupun hal ini ngga langsung sampai ditelinga bos kamu, pasti karyawannya bakal ngerekomendasiin atau paling engga memuji kinerja kamu dengan bosnya.

 

TIPS TAMBAHAN:

Sekian tips dari LYT selamat magang!! Atau ada yang pernah magang dan mau nambahin tipsnya?Monggo…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *