Perusahaan Raksasa Teknologi, Apple, bulan ini mengumumkan 3 produk iPhone baru, yakni iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan high-end iPhone X. Ketiga ponsel pintar tersebut masing-masing dijual dengan harga $699, $799, dan $999.

Berdasarkan grafik peluncuran yang relatif kecil untuk iPhone 8, sepertinya sebagian besar orang banyak yang menunggu untuk peluncuran high-end iPhone X yang baru akan di-release oleh Apple pada 3 November mendatang.

Meski pamor iPhone 8 kalah dibanding saudaranya iPhone X, berikut beberapa alasan yang layak menjadi pertimbangan untuk tidak memadang iPhone 8 sebelah mata:

 1. iPhone 8 dan 8 Plus didukung oleh otak yang sama seperti iPhone X.

Ini mungkin menjadi alasan yang paling penting untuk dipertimbangkan kenapa iPhone 8 dan 8 Plus memiliki poin lebih dibanding iPhone X. Secara fungsional, kemampaun otak ponsel mereka identik.

Semua ponsel ini didukung oleh chip A11 Bionic baru milik Apple, neural engine, dan M11 motion coprocessor. Satu-satunya perbedaan adalah terletak pada sebuah fitur berikut ini: iPhone X menggunakan chip A11 dan neural engine untuk sistem baru pendeteksi wajah Face ID, yang tidak dimiliki oleh iPhone 8.

2. Touch ID adalah entitas yang sudah terbukti, sementara Face ID belum.

Semenjak dikenalkan melalui peluncuran 5S pada tahun 2013, Touch ID banyak mengubah cara pengguna ponsel dalam berinteraksi. Mulai bagaimana cara membuka mengunci perangkat, menyimpan kata sandi, menggunakan sidik jari untuk keamanan transaksi melalui Apple Pay.

Touch ID adalah entitas yang populer dan terbukti dalam keamanan dan kemampuannya. Face ID yang akan menggantikan peran Touch ID masih diragukan kemampuannya.

Apple memberikan beberapa pernyataan berani terkait Face ID. Mereka mengklaim Face ID lebih aman terhadap rentan penipuan dibanding Touch ID. Mereka mengklaim teknologi tersebut dapat bekerja dalam gelap, atau mengenali perubahan wajah pengguna, seperti saat pengguna tumbuh jenggot, memakai kacamata, berganti rambut, atau memakai pakaian kooky. Pernyataan dari pihak Apple tersebut belum benar-benar terbukti saat jutaan orang diseluruh belahan dunia menggunakannya. Sebuah teknologi baru akan sangat sulit memprediksi apa yang salah dengan metode unlocking. Setidaknya Apple masih memperhitungkan kendala ini dengan fitur backup sandi tetap terpasang.

Dengan memilih iPhone 8 atau 8 Plus, sejenak akan terbebas dari masalah-masalah tersebut.

3. iPhone 8 dan 8 Plus mendukung pengisian daya cepat dan pengisian daya nirkable untuk pertama kalinya, sama seperti iPhone X.

Semua ponsel ini mendukung standar pengisian nirkabel Qi serta pengisian cepat.

Kelemahannya adalah, harus membeli aksesoris ekstra jika memilih metode pengisian baru. Apple menawarkan beberapa macam bantalan pengisian nirkabel Qi yang dapat dibeli pengguna (sayangnya solusi AirPower tidak akan sampai 2018), dan untuk membeli peralatan tersebut senilai $25 sampai $75 – kabel Lightning-to-USB-C dan charger USB-C Power Delivery-compatible, khususnya jika ingin menggunakan pengisian cepat untuk iPhone 8, 8 Plus, atau iPhone X.

4. iPhone 8 Plus dan iPhone X memiliki kamera belakang yang hampir sama

Bagi pengguna yang peduli sekali tentang fotografi, kamera belakang pada iPhone 8 Plus dan iPhone X hampir identik. IPhone 8 juga merupakan shooter hebat, namun 8 Plus yang lebih besar menambahkan lensa tele kedua sehingga dapat memperbesar tanpa kehilangan kualitas gambar.

Satu-satunya perbedaan antara kamera belakang pada iPhone 8 Plus dan iPhone X adalah bahwa iPhone X memiliki stabilisasi gambar optik untuk lensa wide-angle dan telephoto, untuk gambar yang lebih tajam, terutama pada pengaturan cahaya rendah; iPhone 8 Plus hanya memiliki OIS untuk lensa wide-angle, seperti iPhone 7 Plus sebelumnya.

5. Kamera depan pada iPhone 8 dan iPhone X juga identik, kecuali beberapa fitur tambahan.

Di atas kertas, kamera HD FaceTime dari iPhone 8 dan 8 Plus secara fungsional identik dengan kamera depan di dalam sistem kamera TrueDepth iPhone X. Semua ponsel ini mengambil foto 7 megapixel, memiliki aperture ƒ / 2.2, dan video film dalam 1080p.

Satu-satunya perbedaan adalah iPhone X mendapat beberapa fitur perangkat lunak “eksklusif”: Mode Portrait pada kamera depan (selain di bagian belakang), Portrait Lighting yang memungkinkan menghapus latar belakang pada selfie untuk efek dramatis, dan Animoji di mana pengguna bisa mengirim emoji animasi ke teman Anda yang meniru ekspresi wajah Anda dan bahkan berbicara dengan menggunakan suara Anda.

6.  iPhone 8 tidak memiliki “notch” mengerikan di bagian atas telepon.

Sistem kamera TrueDepth pada iPhone X adalah satu-satunya gangguan pada layar tepi-ke-tepi telepon itu. “Notch”, seperti banyak yang menyebutnya, sangat mengganggu sayangnya.

Syukurlah, tidak nampak apa-apa pada iPhone 8 atau 8 Plus.

7. iPhone X lebih mahal dari pada iPhone 8.

Sepertinya ini adalah alasan yang paling tidak perlu untuk diingatkan lagi. IPhone 8 mulai dari $ 700, sementara iPhone 8 Plus yang lebih besar mulai dari $ 800.

Sedangkan IPhone X mulai dari $ 1.000.

Ini adalah matematika sederhana: Anda dapat menghemat setidaknya $ 200 dengan membeli iPhone 8, yang perlu diingat, ponsel ini masih merupakan ponsel baru dari Apple.

8. Jika melakukan upgrade dari iPhone 7 atau iPhone 7 Plus, case lama masih bisa muat.

IPhone 8 dan 8 Plus memiliki dimensi yang hampir sama dengan pendahulunya, masing-masing iPhone 7 dan 7 Plus. Ponsel baru sedikit lebih berat, dan ada sedikit perbedaan pada tinggi, panjang, dan ketebalan, namun semua perbedaannya kurang dari satu milimeter, yang berarti case iPhone 7 lama masih bisa muat.

IPhone X memiliki dimensi yang sama sekali berbeda dari iPhone pendahulunya, jadi case lama tidak akan bisa digunakan lagi – satu biaya lagi yang perlu dipertimbangkan saat membeli ponsel yang sudah mahal ini.

9. Lebih mudah cari iPhone 8 ketimbang iPhone X.

Karena setiap orang sangat fokus pada iPhone X, iPhone 8 sebenarnya mudah dicari dan dibeli, bahkan sampai hari ini. Sementara itu, iPhone X kemungkinan akan mendapat permintaan dan penawaran yang tinggi, yang berarti banyak orang mungkin akan menunggu berminggu-minggu dan berbulan-bulan agar ponsel mereka tiba. Bagi yang memilih iPhone 8 mungkin saat itu ponsel mereka sudah mulai usang. Oh, mungkin poin ini adalah satu-satunya poin yang mengunggulkan iPhone X, lamanya harus menunggu menjadikan ponsel ini awet baru.

Well, mau sehebat apa memilih produk iPhone yang terbaik, selamat merogoh gocek ya Guys.

 

SHARE
Previous articleAmigdala Segera Rilis Video Lirik “Ku Kira Kau Rumah”
Next articlePrank: Menjadi Peramal Virtual
LYT adalah media dalam memperluas pengetahuan khalayak akan informasi. Konten informasi yang LYT berikan selaras dengan apa yang dibutuhkan khalayak anak muda saat ini. Berbagai bentuk informasi LYT wadahi untuk memperkenalkan sesuatu yang dapat disalurkan. LYT bekerja atas dasar kreatif, inovatif, informatif, sosial, dan teknologi yang sesuai dengan visi perusahaan yang dibangun.

Leave a Reply