Hedy Eva Maria Kiesler atau yang lebih dikenal dengan nama Hedy Lamarr, merupakan aktris cantik asal Austria yang melejit namanya pada abad 19. Wanita yang lahir pada tanggal 9 November 1913 ini, tidak hanya sukses dalam bidang filmografi tetapi juga ahli dalam bidang matematika. Bersama temannya, George Antheil, mereka menemukan ide “secret communication system” , pengalih frekuensi, yang bertujuan untuk mengecoh musuh menebak pesan radar (torpedo) yang pada saat itu digunakan untuk melawan Nazi (Jerman).

Tidak hanya manfaatnya dalam dunia militer, perkembangan penemuan dari Lamarr tersebut dapat kita rasakan secara langsung loh dari handphone yang biasa kita pakai. Hah, apa itu?

Ide “secret communication system” merupakan basic dari penemuan teknologi wireless, yang dimana dalam inovasinya berkembang menjadi beberapa fitur yang dapat kita temukan dalam handphone kita, antara lain Wireless Fidelity (Wi-Fi), Bluetooth dan Global Positioning System (GPS). Wah bersyukur banget ya, ada wanita cantik juga cerdas seperti Lamarr , kita jadi bisa merasakan Wi-Fi dan bluetooth. Terimakasih Lamarr!

Leave a Reply