Buat kamu yang ngerantau untuk menimba ilmu di kota orang dan otomatis mengharuskan kamu ngekos, nah LYT punya tips untuk kamu yang baru banget ngekos dan bingung gimana sih caranya bertahan hidup:

  1. Pilih Kosan yang Tepat

Untuk tinggal dikosan, kamu juga harus pinter pinter cari kosan supaya bikin kamu betah untuk tinggal jauh dari rumah. Untuk menghemat kalo bisa kamu pilih kosan yang uang kosannya udah mencakup listrik, internet, air (kalo bisa laundry) hal ini supaya menghindari iuran iuran ngga penting. Kalo bisa juga pilih kosan yang punya dapur biar kamu bisa irit pas ditanggal tua. Jangan lupa untuk pikirin kemudahan transportasi buat kamu kekampus, ada nggak transportasi umumnya kalo misalnya kalo nggak ada kendaraan pribadi.

  1. Bergaul

Jauh dari orang tua emang susah, nah biar kamu betah dikosan kamu harus gaul dong, masa mau diem aja dikamar. Kenalan sama anak kosan kamu, ya kalo kamu anaknya pemalu banget ya paling enggak kenalan sama anak samping kamar kamu. Nah kalo kamu udah kenalan, kamu kan jadi tau siapa aja anak yang asik buat diajak nongkrong kalo lagi gabut dikosan, bisa dimintain makanan atau yang bisa dipinjemin duit

  1. Hidup Hemat

Sebenernya hemat ini emang rada susah dijalanin, tapi paling enggak kamu harus pinter ngatur keuangan, kamu ngga mau kan diakhir bulan nanti kamu Cuma makan batu gara gara foya foya di awal bulan. Jadi ya kamu atur atur uang kamu, kalo tips dari LYT untuk yang satu ini sih, kamu langsung pisahin nih, uang untuk bayar kosan, untuk makan biasa, sama uang untuk nongkrong. Kalo tetep seret juga diakhir bulan gimana LYT? Yaudah siapin aja Indomie deh yang banyak atau kalo kamu punya dapur dikosan, ini saatnya untuk coba masak masak,yah minimal telor ceplok lah

  1. Patuhin Aturan Kosan

Kamu ngga mau kan kamu diusir sama yang punya kosan padahal kamu baru aja menjadi anak kosan, duh repot. Nah mangkanya patuhin aturan kosan dong, aturan kosan macem macem sih dari yang paling umum bayar kosan jangan telat, kalo misalnya kamu belum ada uangnya, paling enggak kamu kasih tau yang punya kosan kamu lewat telfon atau sms. Kalo yang punya kosan kamu punya hati pasti dibolehin kok, asal jangan janji janji palsu yah, apalagi uangnya ternyata kamu pake buat nutupin uang makan kamu diakhir bulan. Aturan lainnya yang paling umum juga batas jam malam, kalo kamu ngga mau luntang lantung dijalan kamu patuhin aturannya yaa atau kalo udah terlanjur pulang aja besok paginya.

  1. Mandiri

Jaman sekarang apa apa harus bisa dikerjain sendiri jangan manja, kalo dulu dirumah kamu punya pembantu 10, nah sekarang saatnya kamu untuk mandiri. Bersihin kamar kosan kamu sendiri, nyapu ngepel sendiri. Kalo kamu anaknya rajin, kamu busa cuci baju sendiri dan setrika sendiri ini masuk ke poin 3. Kalo kamu lagi sakit dirumah tinggal panggil mama kamu terus bisa manja manja dan diurusin, sekarang kamu mesti mandiri, tau kapan waktunya minum obat dan tau kapan waktunya harus makan. Kalo kamu punya pacar sih bisa diperhatiin sama pacar kamu. Kalo ngga punya gimana LYT? Minta tolong sama temen kamu dong ah, ngga usah malu buat minta tolong, kan kamu udah gaul sama anak kosan kamu

 

Nah segini aja cara bertahan hidup sebagai anak kosan dari LYT, atau kalo kamu ada tambahan, bisa ditambahin di comment. Monggo….

SOURCEAyu Handayani
SHARE
Previous articleIphone 6 Review
Next articleAntiphaty – Reuni Akbar Punk 5
LYT adalah media dalam memperluas pengetahuan khalayak akan informasi. Konten informasi yang LYT berikan selaras dengan apa yang dibutuhkan khalayak anak muda saat ini. Berbagai bentuk informasi LYT wadahi untuk memperkenalkan sesuatu yang dapat disalurkan. LYT bekerja atas dasar kreatif, inovatif, informatif, sosial, dan teknologi yang sesuai dengan visi perusahaan yang dibangun.

Leave a Reply