Smartphone telah benar-benar merevolusi hidup kita, ya kan? Dulu ponsel yang hanya perangkat untuk berbicara dengan orang-orang sekarang menjadi perangkat yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan orang-orang di segala cara, sementara itu juga memberikan kita harga saham terbaru dan update tentang tim sepak bola favorit kita.

Namun, sementara ponsel semakin pintar dan pintar, kita sendiri malah menjadi sedikit lebih bodoh. Semakin banyak yang bisa dilakukan ponsel kita, semakin sedikit yang kita lakukan untuk diri kita sendiri. Semakin sedikit yang kita lakukan untuk diri kita sendiri, jadinya bodoh yang ada.

Saya tidak bilang bahwa kita terdevolusi atau hal dastris lainnya. Hanya saja kita tidak setajam dan sepeka biasanya karena kita tidak memberikan otak kita latihan.

Ingin contoh spesifik? Ini dia 13 cara smartphone bikin kita gak smart lagi. Mudah-mudahan kamu dapat berkonsentrasi cukup lama untuk membacanya sampai no 1!

13. Kita tidak bisa mengingat nomor telepon

smart and phone 13

Ini adalah hal pertama yang hilang ketika kita mulai menggunakan ponsel: kemampuan untuk mengingat duabelas digit nomor. Karena angka yang kita sebut tersimpan dengan teratur dalam kontak kita, tidak perlu untuk benar-benar menghafal dan mengetik nomor tersebut lagi, dan dengan demikian kita tidak pernah melihat nomot itu lagi setelah kita masukan ke dalam kontak kita.

Mengapa hal ini penting? Yah, tidak benar-benar penting … sampai ponsel kita hilang, atau mati, dan kita perlu untuk membuat panggilan penting dan kita tidak dapat mengingat nomor dan tidak ada buku telepon dan kalaupun ada buku telepon, nomor tersebut tidak terdaftar di sana karena.. itu adalah nomor ponsel!

Dan juga, menghafal nomor telepon adalah latihan mental yang baik … yang sekarang tidak bisa kita dapatkan.

12. Kita tidak bisa berhitung

smart and phone 12

Pernah ke restoran atau cafe dengan teman-teman dan saat bill datang, kita ribet menghitung berapa yang harus kita bayar, dan berapa yang harus teman kita bayar dan akhirnya mengeluarkan ponsel kita untuk menghitungnya? Serius deh, setiap orang dari kecerdasan rata-rata melewati usia 12 seharusnya dapat menghitung jumlah bil itu. Ini matematika dasar yang diajarkan di sekolah dasar: menambah semua harga makanan dan minuman yang kita pesan lalu di tambah dengan 10-15% pajak.

Ini semua sangat sederhana jika kita mencoba untuk melatih otak kita sedikit. Tapi kebanyakan dari kita tidak. Kami membuka aplikasi kalkulator dan membiarkannya melakukan pekerjaan menghitung untuk kita- yang ternyata kita kembali ke anak kelas dua SD, matematika yang berbicara.

11. Kita tidak bisa mengeja

smart and phone 11

Anak jaman sekarang mengatakan mereka tidak perlu tahu bagaimana mengeja karena mereka akan selalu memiliki AutoCorrect di ponsel mereka. Ya? Mungkin iya. Tapi itu tidak berarti kita tidak bodoh. Bahasa tertulis adalah salah satu hal yang mendefinisikan kemanusiaan dan memungkinkan kita untuk mengirimkan suatu pengetahuan. Sekarang kita hanya membiarkan mesin melakukannya untuk kita … karena itu lebih mudah.

10. Kita tidak memperhatikan dunia di sekitar kita

smart and phone 10

Jika evolusi mengajarkan semua hewan satu hal, itu adalah keep your head up or you’ll be dinner.

Nah, berkat smartphone, manusia tidak melakukan itu lagi. Sebaliknya, kita bicara pada air mancur atau menabrakkan mobil ke lampu jalan seperti segerombolan idiot.

9. Selfies

smart and phone 09

Oke, saya tahu itu bukan salah smartphone. Tetapi untuk beberapa alasan, orang-orang percaya bahwa mengambil gambar diri mereka sendiri setiap saat dan mempostingnya di internet adalah ide yang bagus.

Tidak. Itu bodoh, dan akhirnya mengarah ke hal-hal seperti ini- seorang wanita menirukan paruh bebek di seluruh fotonya.

8. Kita membagikan terlalu banyak informasi

smart and phone 08

Sebelum smartphone, tidak pernah terlintas pada kita bahwa adalah ide bagus untuk memberitahu semua orang (pernah bertemu atau bahkan belum pernah) tentang masalah kesehatan kita atau masalah love life kita atau apa yang kita makan. Dulu kita lebih memilih membirkannya menjadi privasi.

Sekarang kita berbagi segalanya pada semua orang, ketika kita benar-benar tidak seharusnya begitu.

7. Kita tidak live in the moment

smart and phone 07

Sesuatu yang luar biasa terjadi tepat di depan mata kita! Ini benar-benar sesuatu yang langka dan bersejarah! Cepat, keluarkan smartphone kita dan tonton kejadian itu pada layar 4,5 inci!

Seriusan, kita melihat hal seperti ini sepanjang waktu. Sesuatu yang menarik terjadi dan orang-orang mengeluarkan smartphone mereka dan merekamnya, tidak menyaksikan dengan mata mereka sendiri. Beberapa foto blur dari konser suatu band lebih baik daripada memori kita sendiri.

Ini dapat menyababkan pengaruh buruk pada bagaimana kita memandang dunia kan?

6. Kita tidak bisa membaca

smart and phone 06

Sekarang yang kita mengkonsumsi begitu banyak informasi pada smartphone kita, konten kita sesuaikan pada keinginan kita. Dan itu berarti konten dikemas sebegitu kental dalam kemasan sekecil mungkin.

Berita oldschool yang butuh 10 menit untuk membacanya? Mereka akan punah. Sekarang tujuannya adalah berita kita dapatkan dengan hanya membacanya dalam 30 detik.

Itu membuat kita bodoh, kan?

5. Kita bodoh secara sosial

smart and phone 05

Kita semua pernah melihat adegan seperti ini. Semua orang pernah mengalami adegan ini. Kita di suatu tempat dengan teman-teman, direstoran, cafe, atau bar, atau sebuah pesta, dan semua orang bermain dengan smartphone mereka.

Halo, kita duduk dengan manusia nyata. Ngobrol sama mereka dong, bukan manusia virtual pada di smartphone kita.

4. Kita memiliki kosakata yang minim

smart and phone 04

Mengekspresikan emosi manusia dulu merupakan tantangan tersendiri. Kita harus menemukan kombinasi yang tepat dari kata-kata untuk menyampaikan bagaimana yang kita rasakan. Sekarang kita memiliki emoticon, dan kosa kata kita berkurang menjadi beberapa wajah-wajah kuning ini.

3. Kita tidak bisa kemana-mana tanpa GPS

smart and phone 03

Dulu saat kita bepergian ke luar kota atau ke tempat asing kita harus melihat peta dan mempelajarinya sedikit. Itu memberikan kita kecerdasan tersendiri tentang lingkungan asing tersebut.

Sekarang? Kita hanya menggunakan smartphone kita. Tidak perlu berpikir atau mengingat. Hanya melakukan apa smartphone kita katakan, turn left, turn right.

2. Tidak cukup tidur

smart and phone 02

Yup, kita semua melakukannya, memeriksa email, teks, Facebook, Twitter, Instragram. Dan, WTH, jam berapa ini?

Berapa banyak waktu tidur yang kita lewatkan, dan bagaimana itu tidak membuat kita bodoh?

1. Kita tidak berbicara, membaca, atau berpikir

smart and phone 01

Ini yang terpenting. Dulu jika kita memiliki waktu luang di sana-sini, saat menunggu teman untuk menemui kita di restoran, menunggu orderan minum kita di coffeeshop, kita hanya duduk dan menunggu tanpa melakukan sesuatu. Dan, sementara kita hanya duduk di sana, kita akan berpikir. Mungkin bukan tentang sesuatu yang penting atau bermakna, tetapi tetap saja.. kita berpikir. Atau kita akan ngobrol dengan orang disamping kita.

Sekarang kita tidak melakukan itu. Jika kita harus menunggu pesanan kita datang, kita mengeluarkan smartphone kita dan memeriksa Twitter. Jika kita harus naik transportasi umum, kita mengeluarkan smartphone kita dan mulai bermain Fruit Ninja atau apaupun game yang populer saat ini.

Intinya, sekarang kita selalu mengisi kekosongan dengan omong kosong yang tidak berarti. Dan saya pikir itu akan membuat kita bodoh. Jadi letakkan smartphone untuk beberapa saat dan berikan otak kita hentakan!

SOURCEPD Nitami
SHARE
Previous articleSinema November: Untukmu Generasiku
Next articleLahan Ajojing Vol. 2
LYT adalah media dalam memperluas pengetahuan khalayak akan informasi. Konten informasi yang LYT berikan selaras dengan apa yang dibutuhkan khalayak anak muda saat ini. Berbagai bentuk informasi LYT wadahi untuk memperkenalkan sesuatu yang dapat disalurkan. LYT bekerja atas dasar kreatif, inovatif, informatif, sosial, dan teknologi yang sesuai dengan visi perusahaan yang dibangun.

Leave a Reply