Manusia Kuat” adalah judul lagu yang ditulis oleh TULUS, dan merupakan bagian dari album MONOKROM. Lagu ini adalah seruan untuk pantang menyerah, dan tentang semangat hidup. Lagu ini bercerita tentang jiwa, yang merupakan kekuatan besar dalam raga manusia. Jiwa merupakan bagian tidak tersentuh, yang tetap bisa berlari kencang walau raga mungkin lumpuh. Lewat lagu ini TULUS juga menyerukan keyakinannya bahwa tidak ada satu manusia pun yang bisa benar-benar mematahkan langkah baik manusia lain.

Dipimpin oleh produser Ari Renaldi, “Manusia Kuat” melibatkan lebih dari 50 musikus dalam proses pembuatannya. Lagu ini direkam di Indonesia, dan di salah satu studio terbesar di Republik Ceko, Eropa. Lagu ini juga melibatkan string section dari The City Of Prague Philharmonic Orchestra.

Pada 27 April 2017, TulusCompany, label rekaman independen yang menaungi TULUS merilis video musik “Manusia Kuat”, bersamaan dengan mulai diputarnya lagu ini pada seluruh radio di Indonesia. Pengerjaan video musik ini didukung penuh oleh WARDAH Earth, Love, Life. Ini merupakan bentuk komitmen konsistensi WARDAH sebagai perusahaan yang mendukung karya anak bangsa.

Video musik ini merupakan karya kolaborasi TULUS dengan Papermoon Puppet Theatre, kelompok seniman teater boneka asal Yogyakarta yang karyanya telah mendunia. Papermoon, dikenal dengan karya imajinatif, dan bingkai unik dari berbagai kisah di peradaban. Dalam video musik ini, digambarkan satu tokoh anak-anak yang berhasil menunggangi rasa takutnya menjadi kekuatan. Sosok anak-anak merupakan lambang harapan, kebebasan, dan masa depan.

Video musik ini juga merupakan kolaborasi kedua TULUS dengan kelompok sineas muda Embara Films. Di kolaborasi sebelumnya untuk lagu “Ruang Sendiri”, Embara Films mendapatkan anugerah film Piala Maya 2016 sebagai Video Klip Terpilih.

Lagu ini ditujukan untuk manusia-manusia kuat. Lagu ini adalah teman juang dan pembakar semangat. Semoga karya terbaru ini, dapat diterima baik oleh seluruh penikmat karya TULUS. Dengan segala kerendahan hati, semoga berkenan.

WARDAH Earth, Love, Life presents:

TULUS – Manusia Kuat

TULUS merilis ‘Manusia Kuat’ dari kantung album ketiganya.

Dirilis 27 April 2017.

Label rekaman: TulusCompany

 

Kredit Video Musik:

Artist Performer: Papermoon Puppet Theatre

Videographer: Embara Films & Pont Pict

Director: Galih Mulya Nugraha

D.O.P: Ponti Ramanta, Febian Nurrahman Saktinegara

Camera assistant: Derry Pratama

Video editor: Ponti Ramanta

Video colorist: Ponti Ramanta

Art director: Rukmunal Hakim & Papermoon Puppet Theatre

Wardrobe: A.N.D. Indonesia

 

Komposisi Musik:

Lyrics and melody: Tulus

Chord/music: Ferry Nurhayat, Ari Renaldi

 

Producer, music arranger: Ari Renaldi

Executive producer: Riri Muktamar

Music label company: TulusCompany

Manufactured and distribution CD: Demajors Independent Music Industry

 

Musikus:

Vocals : Tulus

Drums, keyboards, loops, piano: Ari Renaldi

Guitar: Topan Abimanyu

Backing Vocals: Tulus, Rahayu Purnamasari, Devi Remondi

String section:

The City of Prague Philharmonic Orchestra

Conductor: Miriam Nemcova

String arrangement: Ari Renaldi

Additional string arrangement & Score assistant: Alvin Witarsa

Basic tracks and vocals were recorded at Aru Studio, Bandung by Ari Renaldi and Rudy Zulkarnaen

Strings recorded at Smecky Studio, Prague, Czech Republic by Vitek Kral

Mixing by Ari Renaldi at Aru Studio, Bandung

Mastering by Steve Corrao at Sage Audio, Nashville, TN, USA.

SHARE
Previous articleDromme Melahirkan Single Anyar, “Take Me”
Next articleYellow Jet Club Rilis Debut Single “Shake The World”
LYT adalah media dalam memperluas pengetahuan khalayak akan informasi. Konten informasi yang LYT berikan selaras dengan apa yang dibutuhkan khalayak anak muda saat ini. Berbagai bentuk informasi LYT wadahi untuk memperkenalkan sesuatu yang dapat disalurkan. LYT bekerja atas dasar kreatif, inovatif, informatif, sosial, dan teknologi yang sesuai dengan visi perusahaan yang dibangun.

Leave a Reply